Halaman

Selasa, 23 April 2013

KATA KERJA OPERASIONAL (KKO)

lanjuuuuuut dengan KKO Bloom,,


KATA KERJA OPERASIONAL (KKO)

[TAKSONOMI BLOOM]


Pada tahun 1956 Benyamin Bloom menyampaikan gagasannya berupa taksonomi tujuan
pendidikan  dengan  menyajikannya  dalam  bentuk  hirarki.  Bloom dalam taksonominya, yang selanjutnya disebut Taksonomi  Bloom.
Dalam hal ini, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa "domain" (ranah, kawasan) dan setiap domain tersebut dibagi kembali ke dalam pembagian yang lebih rinci berdasarkan hirarkinya.
Tujuan pendidikan dibagi ke dalam tiga domain, yaitu:
1.      Cognitive Domain (Ranah Kognitif), yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir
2.      Affective Domain  (Ranah Afektif) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat,sikap apresiasi, dan cara penyesuaian diri.
3.      Psychomotor Domain (Ranah Psikomotor) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik,berenang dan mengoperasikan mesin.

Revisi Taksonomi Bloom
(Anderson, L.W. dan Krathowohl, D.R. : 2001)



Kata KERJA operasional Bloom sebelum Revisi
1. Ranah Kognitif
Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Menurut Bloom, segala upaya yang menyangkut aktifitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. Dalam ranah kognitif itu terdapat enam jenjang proses berfikir yang hirarki mulai dari jenjang terendah sampai jenjang yang tertinggi.yang meliputi 6 tingkatan:



a.       Pengetahuan (Knowledge)/C1
Menekan pada proses mental dalam mengingat dan mengungkapkan kembali informasi-informasi yang telah siswa peroleh secara tepat sesuai dengan apa yang telah mereka peroleh sebelumnya.
b.      Pemahaman (Comprehension)/C2
Tingkatan yang paling rendah dalam aspek kognisi yang berhubungan dengan penguasaan atau mengerti tentang sesuatu. Dalam tingkatan ini siswa diharapkan mampu memahami ide-ide yang relevan tanpa perlu menghubungkannya dengan ide-ide lain dengan segala implikasinya.
c.       Penerapan (Aplication)/C3
Kemampuan kognisi yang mengharapkan siswa mampu mendemonstrasikan pemahaman mereka berkenaan dengan sebuah abstraksi melalui penggunaannya secara tepat ketika mereka diminta untuk itu. Untuk menunujukan kemampuan tersebut seorang siswa harus dapat memilih dan menggunakan apa yang telah mereka miliki secara tepat sesuai dengan situasi yang ada dihadapannya.
d.      Analisis (Analysis)/C4
Kemampuan untuk memilih sebuah struktur informasi ke dalam komponen-komponen sedemikan hingga hirarki dan keterkaitan antar ide dalam informasi tersebut menjadi tampak dan jelas.
e.       Sintesis (Synthesis)/C5
Kemampuan untuk mengkombinasikan elemen-elemen untuk membentuk sebuah struktur yang unik dan sistem.
f.       Evaluasi (Evaluation)/C6
Kegiatan membuat penilaian berkenaan dengan nilai sebuah ide, kreasi, cara, atau metode. Evaluasi adalah tipe yang tertinggi diantara ranah-ranah kognitif yang lain, mulai dari pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, hingga sintesis.


2. Ranah Afektif
Ranah afektif adalah ranah yang berhubungan dengan sikap dan nilai. Ada beberapa kategori dalam ranah afektif sebagai hasil belajar



3. Ranah Psikomotor

Ranah Psikomotor adalah ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skiil) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Adapun kategori dalam ranah psikomotor; (a) Peniruan, (b) Manipulasi, (c) Pengalamiahan, (d) Artikulasi.



Kata KERJA operasional Bloom setelah Revisi

Kata kerja operasional Bloom kemudian direvisi oleh Aderson dan Kratwohl (2001), adalah sebagai berikut :

1.Ranah Kognitif





2. Ranah Afektif




3. Ranah Psikomotor







Contoh indikator menggunakan KKO (taksonomi Bloom)

Mata pelajaran  :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/I
SK 1. Memahami hubungan antara strukturorgan tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.
KD 1.1 Mendeskripsikan hubunga antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.



DAFTAR PUSTAKA

materi dari dosen (ppt)




2 komentar: