KATA
KERJA OPERASIONAL (KKO)
[TAKSONOMI BLOOM]
Pada
tahun 1956 Benyamin Bloom menyampaikan gagasannya berupa taksonomi tujuan
pendidikan dengan menyajikannya dalam bentuk hirarki. Bloom dalam taksonominya, yang selanjutnya disebut Taksonomi Bloom. Dalam hal ini, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa "domain" (ranah, kawasan) dan setiap domain tersebut dibagi kembali ke dalam pembagian yang lebih rinci berdasarkan hirarkinya.
pendidikan dengan menyajikannya dalam bentuk hirarki. Bloom dalam taksonominya, yang selanjutnya disebut Taksonomi Bloom. Dalam hal ini, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa "domain" (ranah, kawasan) dan setiap domain tersebut dibagi kembali ke dalam pembagian yang lebih rinci berdasarkan hirarkinya.
Tujuan
pendidikan dibagi ke dalam tiga domain, yaitu:
1. Cognitive Domain (Ranah Kognitif),
yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan,
pengertian, dan keterampilan berpikir
2. Affective Domain (Ranah Afektif)
berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi,
seperti minat,sikap apresiasi, dan cara penyesuaian diri.
3. Psychomotor Domain (Ranah
Psikomotor) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik
seperti tulisan tangan, mengetik,berenang dan mengoperasikan mesin.
Revisi
Taksonomi Bloom
(Anderson,
L.W. dan Krathowohl, D.R. : 2001)
Kata KERJA operasional Bloom sebelum Revisi
1. Ranah Kognitif
Ranah kognitif
adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Menurut Bloom, segala upaya
yang menyangkut aktifitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. Dalam
ranah kognitif itu terdapat enam jenjang proses berfikir yang hirarki mulai
dari jenjang terendah sampai jenjang yang tertinggi.yang meliputi 6 tingkatan:
a.
Pengetahuan (Knowledge)/C1
Menekan pada proses mental dalam
mengingat dan mengungkapkan kembali informasi-informasi yang telah siswa
peroleh secara tepat sesuai dengan apa yang telah mereka peroleh sebelumnya.
b.
Pemahaman (Comprehension)/C2
Tingkatan yang paling rendah dalam aspek
kognisi yang berhubungan dengan penguasaan atau mengerti tentang sesuatu. Dalam
tingkatan ini siswa diharapkan mampu memahami ide-ide yang relevan tanpa perlu
menghubungkannya dengan ide-ide lain dengan segala implikasinya.
c.
Penerapan (Aplication)/C3
Kemampuan kognisi yang mengharapkan
siswa mampu mendemonstrasikan pemahaman mereka berkenaan dengan sebuah
abstraksi melalui penggunaannya secara tepat ketika mereka diminta untuk itu.
Untuk menunujukan kemampuan tersebut seorang siswa harus dapat memilih dan
menggunakan apa yang telah mereka miliki secara tepat sesuai dengan situasi
yang ada dihadapannya.
d.
Analisis (Analysis)/C4
Kemampuan untuk memilih sebuah struktur
informasi ke dalam komponen-komponen sedemikan hingga hirarki dan keterkaitan
antar ide dalam informasi tersebut menjadi tampak dan jelas.
e.
Sintesis (Synthesis)/C5
Kemampuan untuk mengkombinasikan
elemen-elemen untuk membentuk sebuah struktur yang unik dan sistem.
f.
Evaluasi (Evaluation)/C6
Kegiatan membuat penilaian berkenaan
dengan nilai sebuah ide, kreasi, cara, atau metode. Evaluasi adalah tipe yang
tertinggi diantara ranah-ranah kognitif yang lain, mulai dari pengetahuan,
pemahaman, penerapan, analisis, hingga sintesis.
2. Ranah Afektif
Ranah afektif
adalah ranah yang berhubungan dengan sikap dan nilai. Ada beberapa kategori
dalam ranah afektif sebagai hasil belajar
3. Ranah Psikomotor
Ranah Psikomotor adalah
ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skiil) atau kemampuan bertindak
setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Adapun kategori dalam
ranah psikomotor; (a) Peniruan, (b) Manipulasi, (c) Pengalamiahan, (d)
Artikulasi.
Kata KERJA operasional Bloom setelah Revisi
Kata kerja operasional Bloom kemudian direvisi oleh Aderson dan Kratwohl (2001), adalah sebagai berikut :
1.Ranah Kognitif
2. Ranah Afektif
3. Ranah Psikomotor
Contoh indikator menggunakan KKO (taksonomi Bloom)
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/I
SK 1. Memahami hubungan antara strukturorgan tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.
KD 1.1 Mendeskripsikan hubunga antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
DAFTAR PUSTAKA
materi dari dosen (ppt)
thank a lot for your information ^_^
BalasHapusthank you sahabat
BalasHapus